Basri Wahid

Banyak yang mengatakan bahwa guru yang bernama BASRI WAHID ini salah mengambil jurusan. Pasalnya, karena ia lebih banyak berkecimpung di bidang seni mus...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nek Selihot Jadi Saksi

#Tantanganmenulisgurusiana

#Tantangan hari ke-43

Nek Selihot diundang ke pengadilan Tanjongpandan idang jadi saksi. Base beberape ari nok lalu ade kemalingan de sebela ruma belau. Belau ne rupe e ngeliat pelaku nok maling to. Jadi belau tek kisa e detunjok jadi saksi.

Tapi Kik Derong ne raga dak gilak yakin kan bini e dapat jadi saksi, muji kadang-kadang te becakap to raga dak nyambong. Takut e lain detanyak, lain dejawab. Semulak kitu tapi mun urusan ngume mimang numor satu.

“Kao ati-ati kini ye ngenjawab mun detanyak dari hakim” Uji Kik Derong nasehatek sebelum pegi ke kantor pengadilan

“Ew gampang la be. Pukok e asak detanyak aku jawab. Nang dak bagik paya ne.” Uji Nek Selihot yakin.

“Auk la” Uji Kik Derong dak berani ngembanta cakap bini e. Tapi Kik Derong tetapla dak yakin kan bini e to.

Kik Derong juak pulok kan bini e base dak pandai nak becakap bahasa Indonesia. Tang biar gimane pun urang betanyak tang dejawab belau pakai bahase Belitong tepuk. Hakim ne pulak e nang ukan urang Belitong.

Jadi, Nek Selihot tek la dudok la kisa e jok kusi saksi ngadap hakim. De sebela belau pelaku pencurian tek dihadirkan juak.

“Ibu Soleha! Apakah Ibu mengenal tersangka?” Uji hakim mulai becakap. Hakim nyebut name e Soleha, name Indonesia ukan name Belitong Selihot.

“Tersangka? Ew jan muat bulak pak Hakim ai yai, dak mumpak e kenal aku kun tersangka to!” Jawab nek Selihot se nak perut belau.

Hakim tek bingong, dak tau nok ape desebut Nek Selihot. Untong ade petugas ngenjelaskan e, baru hakim tek ngerti.

“Jadi Anda tidak kenal dengan orang ini?” Tanya hakim sambil nunjok tersangka.

“Aa... mun die ne aku kenal! Kader name e, mun tersangka aku dak kenal Pak Hakim. Nang die ini la Pak nok maling de sebela ruma aku to. Ikam tau jak die manjat dari jendile ruma Berahim. Aku ngeliat benar. Jadi usa nak macam-macam ye! ” Uji nek Selihot ngenjelaskan pakai bahase Belitong sambil bediri nunjok tersangka tek kan kan emosi e, dak ngingakan urang agik e mun mulut e la ngeluce.

Urang semue tengangak ngeliat pula Nek Selihot. Kik Derong la ngukut kepalak dak gatal. Pak Hakim bingong, dak gilak ngerti ape nok dejelaskan Nek Selihot muji hakim e baru betugas di Belitong ne. Untong ade petugas pulak ngenjelaskan e.

“Tenang bu, saya harap ibu tetap duduk.” Kate hakim nenangkan.

“Ye Pak Hakim, batak nang la nak dudok la ini, bagik kan nak desurokan pandai la aku dudok, eu serik amat ber!” Uji Nek Selihot miso sambil ngelepaskan ketong. Biber e la tejendai raga dak gilak setuju.

“Jadi, kalau begitu, Ibu Soleha kenal dengan saudara Kadir kan?”

“Ki rambut aku kaper kenal kan saudara Kader Pak. Jan muat bulak, tang dak kenal la mun kan saudara kader to, sumpa Pak Hakim, kaper juak.” Uji Nek Selihot la ngeluce pulak.

“Katanya tadi kenal, Bagaimana sih?” Pak Hakim tamba bingong.

“Mun kan Kader aku kenal Pak , tapi mun kan sedare e aku nang dak kenal.”

Hakim la nak keberangasan debuat dari Nek Selihot. Akhir e sidang e jadi lamak gara-gara debuat dari Nek Selihot rajin dak gilak nyambong. Nok name Kik Derong pun la kesal debuat dari bini macam kitu. La keter-keter kaki Kik Derong nak detinggalkan balik Nek Selihot tek.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

No comment deh. Maksudnya apa? He...he...maklum sy gak paham

22 Mar
Balas

He he lucu bu, bisa ngakak tuh..

22 Mar

Dak kan udalah sidang tek diula-ula dari nek Selihot tek ye.

22 Mar
Balas

Ye buk he he

22 Mar

Haha...kamek rajin la mun nek Selinot ne la muncul,muji rajin ngade2, muat hal nok kecit jd gede

22 Mar
Balas

He he

22 Mar

Jhhhaha dakkan usah sidang setapak nek selihot sajak

22 Mar
Balas

Ye buk

22 Mar

OOO, name nek Selihot tu Soleha. Keren ikutan senyum surang.

22 Mar
Balas

He he

22 Mar

Nyimak saja

22 Mar
Balas

He he

22 Mar

Macam cerite urang siun juak rupe e nek selihot ne. Berambus balik la. Kik Derong bantai la Nek Selihot. Hihihi

22 Mar
Balas

Auk

22 Mar

Ha, ha, ha, payah mun enggak fiam de kampong, jadi endak nyambong, yeh

22 Mar
Balas

Auk ne

22 Mar

Lamak-lamak nek Selihot nok disidang. Wkwkwk....

22 Mar
Balas

Auk ne ha ha

22 Mar



search

New Post