Basri Wahid

Banyak yang mengatakan bahwa guru yang bernama BASRI WAHID ini salah mengambil jurusan. Pasalnya, karena ia lebih banyak berkecimpung di bidang seni mus...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kisah Wanita Pejuang

Kisah Wanita Pejuang

#Tantanganmenulisgurusiana

#Hari ke-149

Kisah Wanita Pejuang

(Pentigraf 36 Basri Wahid)

Wanita itu selalu melantunkan lagu-lagu berirama keroncong hingga larut malam. Ia hanyut dalam nyanyiannya. Tak jarang ia meneteskan air mata jika teringat masa perjuangannya bersama kekasih tercinta ketika Ia tergabung dalam anggota PMI. Namun kekasihnya gugur di medan perang, meninggalkan dirinya yang tengah hamil sebelum sempat menikah. Sejak itu, ia hidup sendiri hingga kini usianya telah senja. Begitu cerita yang sempat aku dengar sebelum aku tiba di kota ini.

Warung kopi miliknya selalu ramai. Kesannya unik dan klasik. Orang mengatakannya sebagai “Warung Kopi Pejuang”. Banyak wisatawan yang mampir ke tempat ini setelah dipoles dengan cerita sejarah perjuangan bangsa di kota ini. Dinding-dindingnya penuh dengan lukisan kisah perjuangan. Jika malam tiba wanita tua ini melantunkan lagu-lagu keroncong, mengingatkan masa perjuangan melawan penjajah. Di warung inilah wanita tua itu menghabiskan usianya sejak pagi hingga larut malam.

Kedatanganku ke kota ini memang untuk menggali sejarah. Aku mencoba menghubungkan cerita yang aku dapatkan dari nenekku dulu ketika aku masih kecil, dan berbagai informan tentang sosok wanita pejuang, pemilik warung kopi ini. Dari pembicaraanku malam itu, wanita itu mengatakan bahwa hingga saat ini ia tak pernah melihat anak kandungnya. Karena situasi perang anaknya dilarikan tak tahu entah kemana. sebuah rahasia pun terkuak. Dialah Sumirah, ibu kandungku yang selama puluhan tahun aku cari.

Tanjungpandan, 6 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow mantap Pak

06 Jul
Balas

Trims

07 Jul

Mantap keren pak dak disangka bertemu anaknya kembali

06 Jul
Balas

Trims

06 Jul

Keren kawan, sukses untuk awak

06 Jul
Balas

Terimakasih Mang

06 Jul

Mantul Kik Alhamdulillah ketemu y kik

07 Jul
Balas

Trims nek

07 Jul

Alhamdulillah...anak dan ibu ketemu setelh puluha tahun terpisah. Mantap.

06 Jul
Balas

Trims

06 Jul

Keren pak...

06 Jul
Balas

Terimakasih bu

06 Jul

Bagus2 pentigraf Bapak ne...

06 Jul
Balas

Terimak kase

07 Jul

Alhamdulilah akhirnya ketemu jg dg ibu kandungnya... keren pak suhu

06 Jul
Balas

Terimakasih bu

06 Jul

Alhamdulillah akhirnya ketemu dg ibunda yg dah lama dicari dan dirindukan

06 Jul
Balas

Terimakasih bu sudah mampir

06 Jul



search

New Post